Thursday 1 August 2013

Scrabble

Let's make words! - Scrabble

Pernah membayangkan memainkannya dari jam delapan malam sampai jam satu dini hari? Saya pikir tak usah dibayangkan bagaimana membosankannya permainan ini. Tapi bagi saya serta beberapa teman jika sudah sangat kekurangan tantangan dan bingung saat berkumpul mau ngapain, barang satu itu jadi jalan keluar. Pemecah kebuntuan dan pelarut kekakuan!

Permainan satu ini memang sederhana bentuknya, terdiri dari satu bidang papan terbuat dari karton ukuran sekitar 50cm X 50cm dan bidak-bidak kecil dengan dimensi sekitar 4cm X 4cm bertuliskan alfabet. Tapi  jangan pernah meremehkan harga kelengkapan permainan ini yang mencapai sekitar Rp. 180.000,- s.d. Rp. 300.000,-. Mahal kan? Saya sendiri sampai patungan untuk beli game set-nya


Cara bermainnya gampang. Susun alfabet yang sudah ada di dek menjadi satu kata di papan permainan. Mudah kan? Tapi bisa dibayangkan jika yang muncul di dek itu isinya konsonan semua tanpa vokal  atau sebaliknya. Kita pasti bakal dipaksa untuk bilang “pass” sambil menukarkan satu huruf ke dalam “kantong ajaib” berisi alfabet yang memungkinkan kita mendapat alfabet golongan yang sama. So, jika sedang dalam kondisi seperti itu, panjatkan do’a supaya yang muncul bukan dari golongan sebelumnya.

Saya yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris pernah merasa kewalahan. Akan jadi sangat memalukan kalau vocab yang keluar itu, itu, itu, itu dan itu lagi. Orang bakal mengetahui kalau kadar pengetahuan saya akan bahasa Inggris begitu dangkal. Mengenaskan.

Sejatinya permainan ini menyenangkan. Tidak seperti permainan lain, sisi positifnya bisa langsung dirasakan secara instan. Pikiran akan diajak menyerap kosakata bahasa Inggris yang baru atau mungkin sudah kita lupakan.

Jadi jangan pernah berkata tidak pada scrabble karena kita sebenarnya sedang belajar satu bahasa dunia. It’s fun!

01/08/13

4 comments:

  1. Scrabble!!!!!
    Suka
    Mba wied n mb nurul mana yaaa,, yuk main yuk.
    In, out, of, and, on << kata yang muncul klo udh buntu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa OR, AT, TIE, SO :D

      Delete
    2. kalo di kesepakatannya "boleh singkatan", kata IQ jadi andalan kalo dapet hurup Q...atau AV untuk audio visual :)

      Delete
  2. iiiiish....
    main scrabble pertama kali bersama kalian..itu satu pengalaman yang wow...ketagihan sampe sekarang
    trimakasih kalian <3
    #mba,akang-akang,PHD,dago,ramadhan ^_^

    ReplyDelete