Friday 2 August 2013

U N O

UNO!


Setelah kemarin saya menulis tentang permainan bernama scrabble, maka kali ini pun tidak ada keraguan untuk melanjutkan cerita dari kamar dengan famili yang sama yaitu per-ma-i-nan. Kalau soal permainan saya memang sangat freak. Alasannya sederhana saja. Sejak kecil memang abi selalu membawakan mainan baru setiap harinya meskipun itu dibeli dari tukang jualan yang harganya sangat murah dan tidak selevel dengan milik teman-teman saya.

Tau UNO?


Secara bahasa sih itu adalah kata yang memiliki arti satu. Permainan ini pun sama, berkaitan dengan kata itu. Adalah satu aturan paling dasar yang  harus diketahui setiap pemain uno, yaitu hanya menyebutkan kata “uno” pada saat kartu milik sendiri atau lawan tinggal satu. Kalau di luar itu akan dikenakan penalti, mengambil dua kartu dari dek bandar.

Uno adalah permainan yang sering saya mainkan sekedar membunuh waktu atau kebosanan dengan rutinitas. Akan selalu ada gelak tawa ketika kami bermain uno. Peraturan dasar yang dibawa beserta satu set kartu kini sudah menjadi hal yang membosankan bagi kami. Tak lama, lahirlah amandemen peraturan tentang permainan ini. Sasarannya adalah pemain-pemain yang tidak fokus. Penalti yang ditetapkan tak main-main. Satu kesalahan harus mengambil lima kartu.

Bagi orang lain uno mungkin hanya sebatas permainan yang mengundang decak kagum dan gelak tawa. Tapi tidak bagiku. Ada hal menarik dan fakta unik dari permainan satu ini. Ada wawasan dan inspirasi positif tersirat di setiap kartunya. Saya pernah mengulas sisi positif permainan satu ini di artikel “Belajar Menjadi Numero Uno”.


It’s more than just a game and don’t forget to have fun when you play.


02/08/13

2 comments:

  1. i love "UNO" fun! aku memainkannya berempat disini >> http://www.zainashifa.com/2013/07/keju-keju.html :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo kapan mau tanding uno dengan ragam aturan otonomi daerah :D

      Delete