Friday 28 September 2012

belajar jadi numero uno

Okey! Siapa sih yang gak kenal permainan kartu satu ini? Permainan kartu berwarna yang selalu kita mainkan akhir-akhir ini. Rasanya tiap orang makin hapal dengan penampakan wajah sebundel kartu itu. Permainan ini sebenernya udah ada sejak tahun 1971 lho! Tua banget ya ternyata? Tapi baru masuk dan dibesarkan oleh Mattel di tahun 1992. Permainan yang kini lagi digandrungi ini memang mengundang decak kagum terhadap skill seseorang sampai gelak tawa karena kesalahan orang.

Permainan ini memang lebih mengasah ketangkasan, konsentrasi, kegigihan sampai daya ingat. Peraturan yang ada pun bukan sekedar aturan permainan semata. Jika kita meliht dari sudut pandang lain bakal beda hasilnya! Lho? Kok bisa sampai kayak gitu? Mau tau seperti apa kisah lain dibalik permainan uno?


Kita mulai dari keistimewaan setiap kartu ya!

  • SKIP | Kartu ajaib yang berlogo kayak rambu lalu lintas verbooden ini punya keistimewaan untuk bisa menghentikan laju perimainan seseorang setelah giliran kita. Ajaib memang jika kita yang mengeluarkannya, tapi apa jadinya jika kita yang terkena SKIP atau verbooden oleh lawan main sebelum kita? Bencana bukan? Kita jadi terhenti 1 langkah untuk menghabiskan kartu di tangan. Tapi itu bukan sekedar bencana semata, jika kita jeli dalam melihat arus permainan setelah kita di-SKIP maka mungkin saja arus permainan yang tadinya merugikan kita malah jadi diuntungkan. Satu sisi, SKIP ini memberikan waktu sedikit lebih banyak dari orang lain untuk menyusun strategi berikutnya. ;)
  • REVERSE | Kartu dengan simbol 2 arah panah ini punya daya magis yang bisa merubah alur permainan yang tadinya searah jarum jam jadi berlawanan arah jarum jam atau sebaliknya. Sakti kan kartu REVERSE ini? Jika kita yang memainkan kartu ini, sudah pasti bencana untuk lawan main yang tadinya mungkin akan UNO tapi jadi gagal UNO. Namun, kalo kejadian sama kita sih bakal lain ceritanya lho? Permainan kita juga terhenti sesaat dengan arus permainan mengarah ke lawan kita yang lain. Tapi bukan tanpa makna, ketika arus permainan ke arah kita di-REVERSE ke arah berlawanan sudah pasti kita bakal ada jeda sangat lama untuk bisa mengatur strategi kembali untuk segera membalikkan keadaan. Selain itu, REVERSE juga menyadarkan kita kalo hidup itu bisa mendadak berubah haluan tanpa bisa kita sadari. :)
  • DRAW | Ini adalah kartu yang bertuliskan +2 +4 +1  ini mengharuskan siapa pun giliran setelah keluar kartu ajaib ini mengambil kartu sejumlah angka tertera. Tapi kami membuat permainan menjadi lebih riuh dengan aturan JUMP IN yang nantinya siapa pun memiliki kartu itu bisa mengeluarkan jika sudah gilirannya dan mengambil kartu sebanyak angka-angka kartu tersebut ditotalkan (sejauh ini rekor mengambil kartu di angka 21). Nah, jika giliran lawan kita harus mengambil dengan jumlah banyak pasti bakal muncul gelak tawa. Namun jika kita yang mesti ambil? Pasti ada dongkol dalam diri dan berupaya membalas. hehehe. Seenggaknya ketika kita mengambil kartu dalam jumlah banyak, pasti ada kartu-kartu ajaib yang bisa jadi senjata kita kelak untuk membalikkan keadaan. Selain itu, kartu DRAW ini juga bermakna positif karena yang namanya rejeki paling baik selalu tersembunyi lebih dalam dan mengharuskan kita menggali lebih giat dari orang lainSemacam profesi penambang di perut bumi. :)
  • | Tak banyak yang tau daya magis dari kartu NOL dalam permainan UNO. Tapi jika kalian memainkan di handphone, maka ada aturan yang bagai pedang bermata dua berkaitan dengan kartu NOL ini. Aturan tersebut adalah memberikan kartu yang ada di tangan para pemain kepada lawan main di sebelahnya searah permainan. Sadis kan aturan ini? Aturan ini mungkin disesalkan bagi yang kondisi kartunya sedang bagus. Tapi akan menyenangkan bagi mereka yang memegang kartu mengecewakan. Jangan bersedih, kalo kita cerdik sih setiap kartu bakal cepat habis kok. Namun ada pesan moral yang keren dari aturan ini, karena roda kehidupan selalu berputar tidak akan diam di satu tempat. :)
  • | Tau istilah LUCKY NUMBER SEVEN? Atau pernah denger mitos kalo angka 7 itu adalah angka keberuntungan? Yes! Kalo begitu ada aturan keberuntungan bagi mereka yang memiliki kartu kurang bagus tapi ada angka 7, keluarkan aja!! Jangan lama-lama!! Karena ada aturan untuk menukar kartu di tangan berapa pun jumlahnya pada seseorang yang kamu pilih. Itu wajib!! Apakah itu keberuntungan? lagi-lagi pedang bermata dua kan? Tapi nikmati aja. Namanya juga permainan kan? Enjoy aja! Tapi tau gak pelajaran dibalik aturan itu? Pelajarannya adalah ketika kita bahagia, senang atau sedih, di tempat nun jauh di sana ada orang yang sedang berkebalikan nasibnyaSuatu saat kita akan ada di posisi tersebut. :)
  • ALL COLOUR | Jika kita melihat aturan-aturan UNO di atas terkesan mengerikan karena selalu bermata dua. Maka kartu ALL COLOUR ini disiapkan untuk menjadi BONUS tak ternilai harganya untuk setiap pemilik. Ketika ada di kondisi yang terjepit karena tak ada kartu yang bisa dikeluarkan namuan ada ALL COLOUR, itu artinya permainan mengarah pada kita. Ya! Kartu yang satu ini ada untuk bisa diturunkan di setiap keadaan terjepit. Apa pelajaran yang bisa diambil dari keberadaan kartu satu ini? Setiap kejadian atau rencana yang kurang berhasil atau buruk tidak seutuhnya buruk. Akan selalu ada kejutan tak terduga dan tak terhingga dari Sang Pemilik Rencana. :)

UNO bukan sekedar permainan semata, bukan sekedar sarana haha-hihi saja atau arena mengumbar gelak tawa. Ada banyak kelebihan yang bisa kita ambil dan implementasikan dalam setiap rutinitas. Ketika kita merasa sudah memiliki satu rencana hebat dan besar, jangan takabur. Soalnya rencana kita hanya sebagian kecil dari rencana besar milik Tuhan. Kita pun tidak bisa bergantung pada apa yang kita miliki saat itu, karena apa yang kita pegang saat itu mungkin nanti bakal hilang tanpa alasan. :)


Main UNO untuk menyegarkan pikiran dan berbagi canda tawa boleh, tapi akan lebih oke jika pelajaran di dalamnya bisa kita implementasikan dalam keseharin! Jadilah NUMERO UNO dari PERMAINAN UNO!

2 comments:

  1. sepertinnya belum pernah main kartu ini hehe

    keep posting sob:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah
      om dege jangan sampai ketinggalan buat mainin kartu ini. tapi jangan juga ikut kelompok2 pemain yang sangat atraktif. bisa ketawa sepanjang permainan om. :D

      Delete